Lengan ditempatkan di samping atau di antara kursi
• Tarik lengan unutk mengoperasikan rem tangan
• Tekan “knop” untuk melepas
Lengan batang tarik
• Tarik batang tarik untuk mengoperasikan rem tangan
• Putar untuk melepas
Lengan pedal
• Tekan pedal untuk mengoperasikan rem tangan
• Tarik “knop” untuk melepas
Sistem Pemindah Tenaga Rem Tangan
Nama – nama bagian :
1. Lengan tangan
2. Batang tarik
3. Mur penyetel
4. Penyeimbang
5. Kabel rem
Macam – Macam Pelaksanaan Pegereman Rem Tangan
Konstruksi
• Lengan rem tangan terpasang pada poros luncur di atas sepatu rem
• Batang dorong terpasang di antara lengan dengan sepatu rem II
Cara kerja :
• Lengan rem tangan ditarik oleh kabel secara manual
• Batang dorong menekan sepatu rem II dan mengangkat sepatu rem I untuk bersama – sama menekan tromol
Penggunaan :
• Mobil kijang
• Hampir semua kendaraan
Penyetelan Automatis Pada Rem Tangan
Rem tangan pada tromol sering dipakai untuk :
menyetel rem secara automatis
Konstruksi pada bagian – bagian khusus
1. Lengan penyetel
2. Plat penyetel
3. Pegas tarik
4. Baut penghubung ( batang dorong )
Bagian – bagian baut penghubung dan roda gigi penyetel
Cara Penyetelan Automatis
Gerakkan angkat plat penyetel 2 karena didorong oleh lengan penyetel 1 dan dikembalikan lagi oleh pegas tarik 3
Macam – Macam Lengan Pengoperasian
Saat celah kanvas besar
• Saat mengoperasikan rem tangan plat penyetel naik pada roda gigi penyetel
• Bila langkahnya cukup besar, plat penyetel bisa naik satu gigi lagi
• Saat melepas rem tangan plat penyetel memutarkan roda gigi penyetel
• Putaran roda gigi penyetel akan memanjangkan baut penghubung dan mengurangi gerak bebas antara kanvas dan tromol
Saat celah kanvas sesuai
• Bila dilakukan pengoperasian rem tangan lagi, plat penyetel tidak bisa naik satu gigi lagi
Jadi tidak meyetel lagi
Rem Tangan Pada Cakram
Jenis kaliper luncur
• Di belakang torak ada eksenter
• Bila rem tangan ditarik, eksenter menekan torak cakram
Jenis penjepjit sendiri
• Pada kaliper dilengkapi dengan unit penjepit atau tang
• Unit penjepit digerakkan secara manual oleh kabel rem tangan untuk menjepit cakram
• Biasanya dipasang pada aksel belakang
Jenis tromol pada cakram
• Cara kerjanya seperti rem tromol
• Digerakkan oleh kabel rem tangan
Catatan :
Semua sistem rem tangan pada rem cakram tidak diperoleh gaya pengereman yang besar
Rem Tangan Pada Transmisi
Unit rem tangan di antara transamisi dengan poros propeller
Konstruksi
Ada dua macam konstruksi
1. Kanvas rem di dalam ( seperti rem tromol biasa )
2. Kanvas rem di luar
Cara kerja kanvas rem di luar ( lihat gambar )
• Mekanisme lengan menekan kanvas di atas tromol
• Lengan rem tangan ditarik dengan melalui tuas kanvas rem, maka kanvas menjepit tromol rem.
• Tarik lengan unutk mengoperasikan rem tangan
• Tekan “knop” untuk melepas
Lengan batang tarik
• Tarik batang tarik untuk mengoperasikan rem tangan
• Putar untuk melepas
Lengan pedal
• Tekan pedal untuk mengoperasikan rem tangan
• Tarik “knop” untuk melepas
Sistem Pemindah Tenaga Rem Tangan
Nama – nama bagian :
1. Lengan tangan
2. Batang tarik
3. Mur penyetel
4. Penyeimbang
5. Kabel rem
Macam – Macam Pelaksanaan Pegereman Rem Tangan
Konstruksi
• Lengan rem tangan terpasang pada poros luncur di atas sepatu rem
• Batang dorong terpasang di antara lengan dengan sepatu rem II
Cara kerja :
• Lengan rem tangan ditarik oleh kabel secara manual
• Batang dorong menekan sepatu rem II dan mengangkat sepatu rem I untuk bersama – sama menekan tromol
Penggunaan :
• Mobil kijang
• Hampir semua kendaraan
Penyetelan Automatis Pada Rem Tangan
Rem tangan pada tromol sering dipakai untuk :
menyetel rem secara automatis
Konstruksi pada bagian – bagian khusus
1. Lengan penyetel
2. Plat penyetel
3. Pegas tarik
4. Baut penghubung ( batang dorong )
Bagian – bagian baut penghubung dan roda gigi penyetel
Cara Penyetelan Automatis
Gerakkan angkat plat penyetel 2 karena didorong oleh lengan penyetel 1 dan dikembalikan lagi oleh pegas tarik 3
Macam – Macam Lengan Pengoperasian
Saat celah kanvas besar
• Saat mengoperasikan rem tangan plat penyetel naik pada roda gigi penyetel
• Bila langkahnya cukup besar, plat penyetel bisa naik satu gigi lagi
• Saat melepas rem tangan plat penyetel memutarkan roda gigi penyetel
• Putaran roda gigi penyetel akan memanjangkan baut penghubung dan mengurangi gerak bebas antara kanvas dan tromol
Saat celah kanvas sesuai
• Bila dilakukan pengoperasian rem tangan lagi, plat penyetel tidak bisa naik satu gigi lagi
Jadi tidak meyetel lagi
Rem Tangan Pada Cakram
Jenis kaliper luncur
• Di belakang torak ada eksenter
• Bila rem tangan ditarik, eksenter menekan torak cakram
Jenis penjepjit sendiri
• Pada kaliper dilengkapi dengan unit penjepit atau tang
• Unit penjepit digerakkan secara manual oleh kabel rem tangan untuk menjepit cakram
• Biasanya dipasang pada aksel belakang
Jenis tromol pada cakram
• Cara kerjanya seperti rem tromol
• Digerakkan oleh kabel rem tangan
Catatan :
Semua sistem rem tangan pada rem cakram tidak diperoleh gaya pengereman yang besar
Rem Tangan Pada Transmisi
Unit rem tangan di antara transamisi dengan poros propeller
Konstruksi
Ada dua macam konstruksi
1. Kanvas rem di dalam ( seperti rem tromol biasa )
2. Kanvas rem di luar
Cara kerja kanvas rem di luar ( lihat gambar )
• Mekanisme lengan menekan kanvas di atas tromol
• Lengan rem tangan ditarik dengan melalui tuas kanvas rem, maka kanvas menjepit tromol rem.
0 comments: